7 Cara Mengatasi Mual Di Awal Kehamilan

Wanita hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Peningkatan hormon progesteron dapat memicu pergerakan organ di sistem pencernaan. Mulai dari usus kecil, lambung, sampai kerongkongan sehingga bisa menimbulkan mual dan muntah. Sedangkan peningkatan hormon estrogen dapat memicu peningkatan asam lambung. Sehingga, dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut dan rasa asam di mulut yang mengakibatkan Ibu hamil mengalami mual-mual. Krakers banyak mengandung kalsium yang membantu menetralisir asam lambung, sehingga dapat mengurangi gejala mual dan muntah.

Jika Moms mengalami mual yang terus menerus dan bahkan muntah tepat setelah makan sesuatu secara terus menerus, segeralah menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Itu dia Moms beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Berkat indra penciuman yang jauh lebih sensitif, ibu hamil sering kali mendapati aroma yang dulu mereka sukai, tiba-tiba jadi menimbulkan mual dan menjadi memuakkan.

Cara mengatasi mual mual pada saat trisemester

Pakaian yang terlalu ketat bisa menekan perut sehingga menimbulkan rasa sesak dan memicu mual. Anda bisa mengganjal perut dengan sepotong roti atau biskuit ketika bangun tidur. Pilihlah makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya protein, rendah lemak, dan mudah dicerna.

Dokter mungkin akan merekomendasikan jahe, vitamin B6, atau penyesuaian pola makan lainnya. Segera hubungi dokter jika Bunda tidak dapat menyimpan makanan atau cairan selama 24 jam. Jenis pengalaman ini bisa menjadi tanda hiperemesis gravidarum , yang bisa berbahaya bagi Bunda dan si Kecil di dalam kandungan. Bunda pastinya akan menemukan berbagai suggestions untuk mengatasi mual saat hamil.

Perlu diketahui bahwa ibu hamil penting untuk mencukupi cairannya dalam tubuh karena jika mengalami dehidrasi, mual akan semakin terasa, Bunda. Apabila hal ini terjadi, ibu hamil bisa dikatakan mengalami mual dan muntah yang tidak sederhana. Melansir Buku Tetap Bugar dan Energik Selama Hamil oleh dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., PhD., Sp.OG & Harry Freitag, S.Gz, Dietisien, mual dan muntah wajar terjadi pada wanita hamil.

Hindari lambung kosong dengan sering makan dalam porsi kecil. Ini juga merangsang produksi sel darah merah, yang sangat penting untuk kesehatan bayi. Telur, daging, pisang, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan Vitamin B6. Anda bisa merebus irisan jahe segar untuk membuat teh jahe yang bebas kafein dan aman untuk diminum.

Ramod