5 Tips Membagi Waktu Untuk Remaja Aktif

Obsesi remaja dalam menggunakan fb dapat mem-buat remaja kehilangan waktu dalam melakukan aktivitasnya salah satu aktivitas untuk belajar. Saat WFH, waktu makan bersama adalah waktu yang paling memungkinkan untuk dilakukan oleh semua anggota keluarga. Orang tua memiliki kesempatan untuk semakin mengenal anak remaja dengan menjadikan waktu makan bersama sebagai sesuatu yang bermakna dan spesial untuk anak remaja. Saat makan bersama, orang tua dapat “menarik” remaja untuk terlibat atau berkontribusi sehingga mereka juga merasa menjadi bagian penting dalam keluarga. Berkaca dari kasus yang telah terjadi, memang bukan hal yang mudah dalam menemani anak belajar di rumah. Sebab, dibutuhkan kesabaran yang sangat ekstra lantaran seringkali anak sulit memahami materi sedangkan di sisi lain, orang tua juga lelah dengan berbagai aktivitas harian mereka.

Cara ini akan membuat anak merasa tidak sendiri dalam memulai pola hidup sehat dan semakin semangat dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan medsos bagi pelajar belum begitu banyak digunakan untuk mendukung proses belajar mereka. Hal ini juga dinyatakan oleh hasil pengisian angket yang sebagian besar alasan penggunaan medsos baru sebatas untuk komunikasi baik dengan teman, keluarga, ataupun dengan kerabat-kerabat mereka.

Dampak unfavorable facebook pada remaja, pelajar dan anak-anak semakin hari semakin terasa, meskipun para pengguna facebook banyak yang tidak menyadari akan pengaruh dari fb. Perencanaan belajar meru-pakan sebuah rancangan atau persiapan yang dibuat oleh remaja tentang belajar yang menjadi tang-gung jawabnya, karena perencanaan belajar merupakan hasil dari proses berpikir. Artinya suatu perencanaan belajar tidak dapat disusun samba-rangan tetapi dengan mempertim-bangkan segala aspek yang mungkin dapat mempengaruhi. Tapi, tetap saja waktu Bunda juga sangat beharga untuk buah hati.

Pada masa perkembangan moral, Anak/Remaja memiliki dorongan untuk melakukan perbuatan yang dapat dinilai baik oleh orang lain. Anak/Remaja berperilaku bukan hanya untuk memenuhi kepuasan fisiknya saja tetapi juga psikologis seperti rasa puas dengan adanya penerimaan dan penilaian positif dari orang lain mengenai tindakannya. Dalam tahapan perkembangan moral Kohlberg , tingkat penalaran ethical remaja pada tahap konvensional dimana suatu perbuatan dinilai baik oleh remaja apabila mematuhi harapan otoritas atau kelompok teman sebayanya.

Rutin berolahraga terbukti berdampak positif pada kesehatan jantung anak hingga mereka dewasa. Jenis olahraga aerobik merupakan aktivitas yang paling cocok untuk melatih jantung karena dapat meningkatkan denyut jantung sehingga oksigen yang terdistribusi pun semakin banyak. Contoh olahraga aerobik adalah basket, sepeda, renang, dan sepak bola. Ketika anak dapat berpartisipasi dengan tim dan melakukan olahraga dengan baik, maka kepercayaan dirinya pun akan meningkat. Olahraga terbukti dapat membuat anak pemalu lebih berani untuk tampil di muka umum dengan terlibat pada kegiatan kelompok. Jika anak mulai menunjukkan ketertarikan akan olahraga tertentu, Anda bisa menawarkan kepada mereka untuk bergabung dengan klub.

Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa tidak adanya obsesi remaja dalam menggunakan facebook namun remaja juga tidak dapat manajemen waktu belajarnya, menyebabkan remaja kurang mampu memanajemen waktunya. Sehingga dapat mengganggu aktivitas belajar atau dengan kata lain dapat mengganggu aktivitas belajar remaja secara langsung maupun tidak langsung. Maka dapat disimpulkan bahwa obsesi menggunakan face-book tidak mempengaruhi mana-jemen waktu dalam belajar, karena remaja pengguna facebook tetap dapat mengatur waktu untuk belajar dan facebookan. Sedangkan proses untuk melakukan analisis data adalah melalui tahapan uji prasyarat analisis dan kemudian teknik analisis knowledge untuk pengujian hipotesis. Membantu anak usia tahun, lanjut Lear, sama dengan menjaga ekspektasi tetap realistis. Orang tua perlu mengapresiasi apa yang telah dilakukan anak untuk berusaha belajar dengan baik.

Beberapa hari belakangan ini, mencuat topik diskusi online single parenting yang tak jauh berbeda dengan yang sedang dibicarakan di komunitas SPINMOTION . Dua diantaranya menyatakan, semenjak anak – anak laki – lakinya masuk SMA, anak – anak ini cenderung berubah dan berani membantah. Bahkan secara terang – terangan menunjukkan sikap menentang. Kesabaran dan keuletan serta contoh-contoh yang baik dari perilaku Ibu sehari-hari adalah cara pendidikan anak-anak untuk menghindari sibling rivalry yang paling bagus. Mainan juga kadang menjadi salah satu bahan pertengkaran, terutama pada anak-anak yang berjenis kelamin sama. Solusinya, dapat memberikan label pada masing-masing mainan anak agar mereka tidak saling berebut.

Membagi waktu pada anak remaja

PerencanaanAgar berhasil dalam menyelesaikan tugas, kita harus membuat tujuan.Orang yang gagal membuat rencana, dia sedang merencanakan kegagalan. “Orangtuaku hampir menganggap teman-temanku seperti anak perempuan mereka, hal yang sama kau rasakan ketika berada di rumah temanku. Benar-benar spesial, dan aku pikir anak laki-laki tidak akan punya ikatan pertemanan sedekat ini dengan teman-temannya.” “Orangtuaku sangat sibuk, dan ketika aku bicara tentang ujian di sekolah artinya tak akan sama untuk mereka, seperti untuk teman-temanku. Ibuku akan berkata, “Usahakan sebaik mungkin” jika aku bilang aku tidak cukup baik.

Ramod