Usia Minimum Pekerja Anak Di Indonesia

Janganlah berfikir keadaan yang negatif terhadap mereka yang jauh dari kita berfikirlah yang positif dan do’akan mereka karena mereka adalah sumber ketenangan dalam kehidupan kita bahagiakan mereka dengan bukti kesuksesan kita. Akan tetapi, dalam praktiknya di lapangan, pendidikan karakter kerap kali menghadapi berbagai macam persoalan mulai dari yang bersifat teknis hingga pragmatis. Ini banyak terjadi di lembaga pendidikan formal binaan pemerintah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Peristiwa pemukulan seorang siswa terhadap gurunya sendiri di Sampang Madura Jawa Timur (1/2) lalu membuka fakta betapapun canggihnya kurikulum pendidikan karakter yang selama ini diajarkan di kelas, ethical siswa masih belum tersentuh. Akibatnya kekerasan baik terhadap sesama maupun gurunya sendiri akan tetap terjadi.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Pengamat Pendidikan Universitas PGRI Semarang Ngasbun Edgar mengatakan, pembelajaran daring siswa SD kelas rendah, termasuk anak TK, sudah pasti menjadi beban tersendiri bagi orang tua siswa. Kebanyakan kasus, justru orang tua yang harus meng-handle tugas-tugas anaknya. Yang menjadi persoalan, tidak setiap orang tua mempunyai waktu banyak untuk menemani anak belajar.“Ini yang menjadi persoalan serius, apalagi orang tua banyak yang disibukkan oleh pekerjaan sehari-hari,” ujarnya. Tak dipungkiri pembelajaran daring memunculkan sejumlah persoalan bagi para siswa. Banyak siswa yang mengalami kendala atau kesulitan saat belajar online di tengah pandemi. Adapun pelaksanaan KKN dilaksanakan dengan kombinasi secara luring dan daring.

Penelitian terkini yang dilakukan oleh Sinndy alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta, menunjukkan bahwa ada tiga faktor penting yang memengaruhi kesiapan kerja mahasiswa. Tiga faktor tersebut adalah modal psikologis, kompetensi karir, dan dukungan sosial. Kontribusi ketiga faktor tersebut terhadap kesiapan kerja sebesar forty nine%. Penelitian ini melibatkan 210 mahasiswa semester four, 6 dan 8 (128 laki-laki dan 82 perempuan) dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelum melangkah lebih jauh, sebenarnya pertanyaan yang lebih mendasar lagi adalah apa itu kesiapan kerja?

Anak-anak yang tingggal di keluarga kurang mampu, sulit mempraktikkan belajar daring. Banyak orangtua yang harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup harian mereka, atau ada pula yang masih gagap mengunakan gawai atau web, sehingga anak tidak bisa diawasi dengan optimal. Dikatakan Amhal Kaefahmi, sampai pekan ini, sekolah/madrasah masih melanjutkan sistem pembelajaran dan penilaian jarak jauh dengan mengandalkan jaringan web demi mencegah perluasan penularan Covid- 19. Namun demikian, sistem ini sulit berjalan efektif bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, karena keterbatasan orangtua mereka dalam mengawasi dan menyediakan gawai beserta jaringan internet.

Namun, kegiatan ini tetap harus diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Jadi intinya program dan kegiatan bidang kominfo berjalan dan tidak ada hambatan. Bahkan saat ini kami sementara membuat aplikasi e-data sektor, dan kami bidang kominfo mensuport tenaga IT ke bidang statistik dan persandian untuk membantu pembuatan aplikasi tersebut,” ujarnya. Harus diakui secara jujur, period reformasi yang membawa semangat perubahan dan keterbukaan telah membawa banyak perubahan positif maupun negatif bagi kehidupan nasional.