Tinjau Produk Riset Unram, Gubernur Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Tapi ingat, kamu harus mau terbuka dengan segala saran dan kritikan. Jangan mudah sakit hati dengan saran dan kritik dari teman-temanmu. Lihat bagamana respon dari teman-teman terhadap produk uji cobamu itu. Manfaatkan kritik dan saran tersebut untuk mengembangkan produkmu.

Sebagai seorang mahasiswa, terkhusus mahasiswa perantauan yang jauh dari keluarga pastinya banyak di terpa berbagai permasalahan, salah satu diantaranya adalah masalah keuangan. Karena itu, anda sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir lebih kritis dan kreatif, agar segala permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Sebelum memulai bisnis kita harus mengerti apa keterampilan kita yang berdampak untuk bisnis yang akan kita jalani, pengetahuan tentang bisnis yang kita jalani, dan tentunya tujuan. Karena ketika kita memiliki tujuan, rintangan sesulit apapun atau bahkan resiko sebesar apapun tidak akan membuat kita menyerah,selama kita pegang tujuan kita tentunya. mereka bukan hanya memulai bisnis dengan berjualan dan mendapat tambahan uang jajan saja, tetapi juga membuat gebrakan baru dalam hal tehknologi, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. Sementara, Ketua Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, UMI Makassar, H Andas Budy, menyambut baik tawaran Inkindo Sulsel yang bersedia mengakomodir mahasiswa arsitektur yang akan melakukan kerja praktek.

Studi kelayakan bisnis merupakan salah satu hal yang penting dilakukan ketika mendirikan perusahaan. Dengan melakukan studi kelayakan ini, pebisnis dapat terhindar dari banyak judi slot kemungkinan buruk yang melanda perusahaan. Dampaknya, pelaksanaan bisnis menjadi lebih mudah untuk direalisasikan dan semua program juga akan menghasilkan keuntungan.

Ya begitu kalau jadi pengusaha,” ujar mantan Direktur Utama PLN tersebut.Dia pun juga senantiasa mengajarkan anak-anak muda untuk menjadi pengusaha. Bahkan, di usianya yang sudah memasuki sixty six tahun, Dahlan juga bakal memulai usaha baru yang bisa dibilang belum banyak orang menggelutimya.”Usaha lama biar diurus yang muda, sehingga bisa munculkan pengusaha baru. Mau jadi pengusaha baru, bidangnya tidak mau yang orang lain sudah kerjakan.

Surabaya – Ratusan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan kampus lain di Surabaya saling adu entrepeneur di Unusa Jl Jemursari, Jumat (12/1/2018). Modal kecil bukanlah menjadi penghalang untuk dapat mewujudkan impian menjadi seorang pengusaha. Hal inilah yang dialami Khoirul Arifin, mahasiswa Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor . Khoirul sebagai founder dan proprietor dari Nasihut Group yang memproduksi makanan yang serupa dengan burger namun dilakukan modifikasi roti diganti nasi. Itu merupakan bentuk kontribusi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam mengawali dan menciptakan perubahan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara dalam problematika ekonomi. Mahasiswa bisa menjadi jembatan penghubung antara UKM dengan penyandang dana.

Tak terkecuali para mahasiswa yang masih kuliah juga bisa memulai bisnis sendiri. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan dengan bisnisnya. Prof. Djisman memberikan contoh masyarakat di China yang tahan banting dalam bekerja. Mahasiswa juga dihadapkan dengan permasalahan kebutuhan sehari-hari yang tidak sedikit. Mereka memerlukan biaya untuk membayar kuliah, tempat tinggal bagi mahasiswa luar daerah, dan biaya untuk makan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Tidak banyak mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha atau wirausahawan. Sehingga saat lulus dari perguruan tinggi nanti dia berkeinginan menjadi seorang pengusaha. PUSATKarier dan Ke­wirausahaan Uni­­ver­sitas Medan Area me­num­­buh­kembangkan semangat berwirausaha ke­pada mahasiswa dan lulu­sannya agar kelak mam­pu men­jadi pengusaha mandiri dan kreatif.