Sulitkah Merintis Bisnis Sebagai Mahasiswa?

Melalui KKN kebangsaan tersebut Rektor Unja berharap desa-desa yang menjadi lokasi KKN dapat menuai manfaatnya. Diantaranya berkaitan dengan penguatan kelembagaan desa, membangun tata kelola desa yang baik, hingga mengembangkan ekonomi kreatif di desa. JAMBI – Universitas Jambi menjadi tuan rumah KKN Bersama dan KKN Kebangsaan tahun 2021. Ini merupakan kesempatan emas bagi Unja dan Provinsi Jambi untuk memperkenalkan keunggulan daerah, baik itu potensi wisata, budaya, pendidikan maupun yang lainnya. Mewakili perusahaan, Antoni Sianipar berharap agar DPRD Berau bisa mendapat penjelasan yang utuh dari perusahaan.

Menjadi seorang pengusaha di period digital sekarang menurutnya tidaklah sulit. Hanya saja memang diperlukan sebuah kreativitas yang bagus dan unik agar bisnis yang dirintis bisa berkembang dan memberikan banyak manfaat bagi orang lain. “Kalau ini bisa konsisten dilakukan, saya meyakini akan banyak mahasiswa di UIN Antasari yang mampu menghasilkan karya membanggakan bagi kampus, bahkan membuka lapangan kerja bagi orang lain,” tambahnya. “Kita semua mengetahui, setiap tahunnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta terus mengalami penurunan. Melihat kenyataan itu hendaknya mahasiswa tidak berpikir pesimis, namun kreatif dengan menjadi seorang pengusaha dan menciptakan lapangan kerja,” tegasnya.

Syafrinaldi berharap, dari program ini mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu dapat melanjutkan pendidikannya hingga selesai. Rektor UIR Syafrinaldi menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Pemerintah Provinsi Riau yang telah mengalokasikan bantuan biaya pendidikan judi slot kepada 1.191 mahasiswa UIR. Rektor mengaku senang karena di tengah kesibukannya Gubernur menyempatkan diri menyerahkan langsung bantuan pendidikan ini. ”Atas nama Civitas Akademika UIR saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Gubernur yang terus memberi beasiswa dan bantuan pendidikan kepada UIR.

Meskipun bukan “sang pendiri” Harvard, mendiang Harvard tetap dipandang sebagai salah satu pilar penyokong kampus tertua di AS tersebut. Sumbangsih Weill untuk kampus-kampus tersebut sangat besar, jauh di atas anggaran belanja institusi pendidikan di Indonesia. Sebagai perbandingan, pada 2013, rencana pengeluaran belanja kampus UGM mencapai Rp2,2 triliun. Sumber pendanaan utama berasal dari pemerintah dan SPP mahasiswa, sedangkan donasi dan hibah relatif kecil, nominalnya sekitar Rp63 miliar , dengan complete anggaran belanja kampus sekitar Rp1,four triliun. Saat melakukan analisis kelayakan usaha, pebisnis akan mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan bisnis yang akan dirintis termasuk kelebihan dan kekurangan bisnis. Dengan melakukan analisis studi kelayakan, pebisnis dapat memperkecil risiko yang dapat terjadi pada perusahaan, baik itu risiko yang bisa dikendalikan maupun risiko yang tidak dapat dikendalikan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

“Saya saat mulai merintis usaha juga jatuh bangun, tapi terus dicoba dan bertahap. Meski sekarang sedang pandemi tetap harus semangat, jika memang awal untungnya sedikit tapi di samping itu ada sebuah usaha yang besar dan bisa mengantarkan ke keberhasilan,” ujar dosen mata kuliah kewirausaha itu. Gak menutup kemungkinan, kalau mau menekuni usaha yang udah dimulai sejak masih duduk di bangku kuliah, kamu bisa #MerdekaFinansial dalam kurun waktu yang terbilang singkat.

Undhira memiliki potensi luar biasa, sebab dari pembelajaran yang ada hampir semua pelajaran mendapat pendidikan kewirausahan. Anak-anak Undhira luar biasa karena memiliki potensi membuat usaha sendiri,” ujarnya. Rector Made Nyandra mengatakan, Undhira memiliki 7 karakter yang dikembangan dalam mendidik mahasiswa. Salah satunya karakter itu adalah No 4 yakni kewirasusahan, sehingga Undhira selalu melatih dengan mengundang, mendatangkan para tamu, pelaku bisnis untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kewirausahan itu. “Setelah ditanya, tak satupun mahasiswa saya yang ingin menjadi PNS.

Karena di Kota Bekasi mayoritas universitas sedang melaksanakan UAS dan dilanjutkan libur kuliah. Sedikit membicarakan sejarah bahwa tadinya HIPMI Kota Bekasi dan HIPMI Kab. HIPMI adalah organisasi pengusaha muda yang siap mencetak pemuda-pemuda yang tangguh dengan nilai enterpreneurship yang siap bersaing. Bekasi membangun nilai-nilai enterpreneur, bernetworking sampai kita berkolaborasi bisnis terutama membangun Indonesia”, ucapnya dalam sambutan Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Bekasi. yaitu membangun mental usaha sejaka dini, peran Hipmi terhadap pebisnis pemula, membangun usaha tanpa modal, dan mengembangkan bisnis di period industri four.0. Hipmikabbekasi.org– Antusias generasi milenial untuk mengenal dunia bisnis sangat besar, seiring perkembangan dunia digital yang menawarkan peluang dan kemudahan.