Sukses Menjadi Mahasiswa Pengusaha

Bisa disaksikan dalam pergaulan sehari hari ditengah masyarakat kita sekarang ini. sesuatu tidak dimaksudkan sebagai sesuatu itu sendiri sebagaimana ia adanya. Mungkin tidak pernah berhenti kita bertanya, di kedalaman jiwa manusia, apakah korupsi itu peristiwa psychological, peristiwa ilmu, peristiwa akhlak atau peristiwa iman yang mungkin sudah hilang. Nah kalau sudah sampai ke kompleksitas itu, kita yang diluar cuma mampu berteriak “Wahai Kaum Koruptor di Aceh, ”bertobatlah kamu, ingat azab dari Allah. Cukup menyedihkan memang, namun inilah yang sedang terjadi di Aceh hari ini. Harapan menuju Aceh makmur, sejahtera mungkin tinggal dalam mimpi.

Ia melanjutkan, bisnis yang sukses itu bukan bisnis tanpa kegagalan karena dari sebuah kegagalan dapat membentuk bisnis yang kuat. ”Sejauh ini banyak mahasiswa yang bergelut dibidang trend dan kuliner di sana mereka sebenarnya bisa memberdayakan masyarakat setempat. Contohnya mempekerjakan ibu ibu untuk kemasan, memasak dan juga memberdayakan masyarakat sebagai kurir barang tersebut,” jelasnya. Rifaldi yang juga mahasiswa jurusan akutansi semester IV itu menjelaskan, tahun ini peserta lebih banyak melibatkan mahasiswa Prodi Akutansi Ummi mulai semester 2 hingga semester 8.

“Kenapa tidak bisa jadi pengusaha karena jujur izinnya susah, kalau bukan anaknya pejabat susah untuk jadi pengusaha dari daerah. UU ini memberikan ruang yang cukup bagi teman-teman mahasiswa yang mau jadi kuliah jadi pengusaha,” ujar Bahlil dalam keterangannya melalui diskusi secara digital, kemarin. Dalam acara tersebut turut hadir pula Iyan Supriatna selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM menyampaikan bahwa jumlah pengusaha masih sangat sedikit, “Tingginya tingkat pengangguran, minimnya lapangan pekerjaan dan kurangnya wirausaha. Jumlah wirausaha Indonesia masih sangat sedikit yaitu zero,18% dari jumlah penduduk padahal suatu negara dikatakan maju apabila memiliki jumlah wirausaha minimum sebesar 2% dari penduduknya. Jumlah angka pengusaha UKM yang ada di Kabupaten Bekasi berjumlah 16.600 itu sangat sedikit sekali dan erat dengan anggaran yang sedikit. Sehingga para pelaku UKM ini bisa survive di tengah era industri four.0”, jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Untuk menjadi pengusaha besar, kamu harus memulainya dengan kejujuran. Jujur kepada siapa saja agar bisa menjadi orang yang dipercaya, sehingga orang lain akan terus mengingat bisnis yang dirintis. Bob Sadino juga merupakan salah satu pengusaha sukses dengan perjuangannya merintis bisnis dari nol. Ada beberapa poin penting yang selalu Jack Ma katakan untuk para pengusaha yang baru memulai bisnisnya agar bisa sukses. Jack Ma merupakan pengusaha sukses pendiri Alibaba Group yang memulai bisnisnya benar-benar dari nol hingga besar.

Mintalah bantuan pada teman-teman atau mahasiswa dari fakultas lain yang bisa membantumu dalam hal di luar kemampuanmu. Kamu perlu menambah ilmu dan pengetahuanmu Tembak ikan tentang berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman. Carilah teman-temanmu yang mungkin sudah lebih dulu terjun di dunia wirausaha darimu.

Era digital kata dia mempengaruhi performa kampus agar tetap up to date dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat yang dipandang penting dan aktual. Saat ini, kata Agus Suradnyana, zaman menuntut segala sesuatu dengan sangat cepat. Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk memperdalam pengetahuan dan memperluas jaringan pertemanan. Menurutnya, semua orang yang ingin sukses dalam mencapai karirnya, harus berani mengambil resiko, dengan tetap memegang teguh kedisiplinan, berkomitmen, dan kejujuran. Namun yang terpenting, menurut Brian, tetaplah menciptakan bisnis yang baik dari awal sekaligus mencari jalan keluar yang terbaik bagi semua masalah.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Acara Kuliah Umum Hipmi Jawa barat tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta yang terdiri dari mahasiswa kota dan kabupaten bekasi tersebut, dengan penuh antusias bertanya berbagai macam pertanyaan seputar bisnis, seperti tantangan di period digital hingga fenomena perang dagang. “Menjadi karyawan itu waktu kita terbatas, tidak ada libur sembarangan, gaji tiap bulan tetap. Ketika generasi Mandiri menjadi seorang entrepreneur hal itu tidak berlaku yang mana kita memiliki banyak waktu, penghasilan tak terbatas dan yang paling penting usaha sekecil apapun kitalah bosnya,” tutur efrina.

Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan, babu orang asing sekalipun. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Setelah itu, lama kelamaan Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal tremendous market Kem Chicks. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek.

Jika pertanian dipandang bisnis itu, banyak peluang kerja dan peluang usaha. Karenanya, masuk jadi mahasiswa Polbangtan dan saat lulus menjadi pengusaha. Mimpi untuk menjadi wirausahawan muda dan sukses yang banyak diidamkan oleh para mahasiswa, tentu harus dimulai dengan berlatih untuk berwirausaha sejak dini.