Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba 10 Bisnis Ini

Walaupun mahasiswa cenderung memiliki waktu yang fleksibel, jangan sampai tanggung jawab di kampus menjadi terbengkalai. Nah, supaya ilmu yang Anda geluti bisa terus terasah sembari mendapat uang saku tambahan, freelance tutor bisa menjadi solusinya. Sama dengan jasa fotografi atau videografi, Anda bisa mengawali bisnis ini dengan menawarkan jasa ke orang-orang terdekat dahulu. Bila sudah semakin meluas, maka Anda bisa mengumpulkan setiap karya Anda untuk dijadikan portfolio. Anda pun juga bisa mempublikasikan setiap hasilnya secara on-line dengan membuat web site pribadi, atau dengan platform besar seperti di behance.net. Bisnis-bisnis yang telah diuraikan di atas akan dapat berkembang jika dikelola dengan baik dan terkonsep.

Anda harus memahami suatu bidang untuk bisa benar-benar terjun dalam bisnis ini. Penguasaan terhadap satu bidang ilmu pengetahuan bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan utama. Ada banyak topik pembelajaran yang bisa diulas jika Anda memilih profesi guru online. Untuk mendapatkan pekerjaan freelance graphic designer, kunjungilah situs loker, seperti Dribbble dan Behance. Kalau belum ada klien yang ingin bekerja sama, mungkin Anda bisa membuka toko online sendiri dan menjual hasil karya.

Seorang mahasiswa kini dituntut untuk kreatif agar bisa hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua saja. Masa-masa saat berkuliah ini malah bisa menjadi waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk memulai sebuah bisnis. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan banyak uang tambahan dengan membuka jasa pembuatan web site.

Sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah. Fasilitasnya seperti tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar dengan AC, kamar mandi dalam, televisi dan sebagainya. Ada banyak jenis waralaba yang bisa dipilih, mulai dari makanan ringan dan minuman.

Nah, jika Anda mencari bisnis kecil-kecilan untuk mahasiwa yang tergolong mudah dijalankan, Anda bisa mencoba jualan pulsa elektrik dan paket knowledge internet. Meskipun keuntungan yang didapat kecil, namun jualan pulsa tetap menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Berikut ini 17 bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Bisnis mahasiswa tanpa modal

Pasalnya bisnis ini juga memiliki waktu yang fleksibel sehingga kamu tidak perlu kehilangan waktumu untuk kuliah maupun bersosialisasi dengan teman-temanmu untuk menikmati masa kuliah. Selain itu 7 ide bisnis Tembak ikan tersebut juga memiliki modal yang minim atau bahkan tidak membutuhkan modal dana sekalipun. Apalagi sebagai seorang mahasiswa, pasti kamu juga hanya sebatas mengandalkan kiriman uang dari orang tua.