Cara Ternak Lele, Mudah Dan Dijamin Menghasilkan Lele Berkualitas

Sebaiknya pintu pemasukan dan pengeluaran air berukuran antara cm. Monik terbuat dari semen atau tembok yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian kotak dan pipa pengeluaran. Pada bagian kotak dipasang papan penyekat terdiri dari dua lapis yang diantaranya diisi dengan tanah dan satu lapis saringan. Namun demikian perkembangan budidaya yang pesat tanpa didukung pengelolaan induk yang baik menyebabkan lele dumbo mengalami penurunan kualitas. Hal ini karena adanya perkawinan sekerabat , seleksi induk yang salah atas penggunaan induk yang berkualitas rendah. Penurunan kualitas ini dapat diamati dari karakter umum pertama matang gonad, derajat penetasan telur, pertumbuhan harian, daya tahan terhadap penyakit dan nilai FCR .

Sebelum melakukan penebaran benih ikan lele, pastikan ikan yang akan kita tebar adalah ikan yang benar-benar sehat. Ciri ikan lele yang sehat yaitu gerakan ikan sangat lincah, dan juga ikan tersebut tidak mempunyai lupa atau cacat pada tubuhnya, pastikan bibit tersebut tidak ada benih penyakit. Untuk memudahkan dalam melihat bibit yang sehat yaitu dengan menaruhnya pada arus air. Bila arah ikan tersebut melawan arus air serta dapat bertahan itu tanda gerakannya baik. Setelah kolam tanah budidaya ikan lele selesai dibuat, kolam harus dikeringkan terlebih dahulu.

Setelah telur tersebut menetas akan berbentuk bibit-bibit lele dumbo dalam jumlah yang banyak. Cara memanen ikan lele yaitu dengan menyurutkan air pada kolam terlebih dahulu. Kemudian, gunakan serokan yang halus untuk menangkap ikan lele dan masukan dalam wadah berbahan plastik. Sebelum bibit lele ditebar, usahakan mengisi kolam dengan air yang tidak terlalu banyak, batasnya sekitar eighty Agen PAY4D sampai a hundred cm saja agar sinar matahari masih bisa tembus sampai ke dasar. Sebelum dulur-dulur belajar mengenai cara budidaya ikan lele, hal pertama yang harus dulur-dulur ketahui yaitu mengenai ikan lele terlebih dahulu.

Meskipun begitu, tingginya kebutuhan ikan lele membuat pasokan selalu terserap habis. Panen Ikan LeleAnda dapat memanen ikan lele apabila telah berusia kurang lebih 90 hari dari masa tebar benih. Ikan lele memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut Aborescen organ yang merupakan menbran yang berlipat-lipat penuh dengan kapiler darah.

Bagaimana cara berternak lele

Untuk ternak lele sangkuriang dengan cara ternak lainya memiliki cara ternak yang sedikit berbeda. Tetapi biasanya metode yang dignakan adalah berternak lele dengan menggunakan kolam terpal. Model tersebut relatif lebih mudah dan murah untuk digunkan sehingga tidak membutuhkaan biaya yang mahal dalam proses pengoperasianya. Bahkan usaha tersebut dapat dijalankan pada lahan yang sempit dengan hasil yang maksimal. Hal penting lain dalam budidaya ikan lele adalah pengelolaan air kolam. Untuk mendapatkan hasil maksimal kualitas dan kuantitas air harus tetap terjaga.

Jika sudah siap, kurangi air kolam sekitar 10 sampai 20 cm pada malam atau pagi hari, dan taruh ember di kolam. Tunggu hingga 24 jam agar benih ikan beradaptasi dengan kolam. Demikian artikel tentang cara ternak ikan lele supaya cepat besar dan menguntungkan, semoga bermanfaat. Ikan lele dumbo mudah untuk dibudidayakan dan ikan ini mamapu hidup dengan baik dikolam tanah, dan ikan lele ini tidak suka membuat lubang untuk bersembunyi seperti ikan lele lokal. Pemanenan ikan lele bisa dilakukan dengan cara menyortir ikan yang layak dikonsumsi atau telah memiliki ukuran 4-7 ekor per kg, atau sesuai dengan keinginan pembeli.

Kolam terpal adalah kolam yang dibuat menggunakan bahan terpal. Jika Anda memiliki lahan berlebih minimal 3m2 maka dapat dimanfaatkan untuk budidaya lele di kolam terpal. Luas area ini sudah termasuk space pemisahan antara lele yang berbeda ukuran.

Tetapi jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebh banyak bisa menggunakan cara yang fashionable. Cara tersebut akan memberikan hasil panen yang berkali lipat dari pada menggunakan cara yang lama. Misalnya yang punya meals convertion ratio yang nilainya kurang dari satu. Satu hari setelah penebaran benih gunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dengan dosis 5 ml/m3. Penggunakan probiotik lele GDM yaitu dapat merangsang pembentukan kekebalan pada tubuh lele.

Pilihlah bibit lele yang dapat mengkonsumsi pelet jenis f999 atau pelet dengan bentuk butiran. Pilih juga lele dengan ukuran panjang sekitar 7 cm hingga 9 cm dengan umur sekitar 2 Minggu. Jangan pilih bibit lele yang masih terlalu kecil, sebab akan lebih rentan mati ketika dipindah ke tempat yang baru. Untuk itu pastikan pemberian air di kolam terpal jangan terlalu banyak. Hal tersebut juga akan memudahkan lele dalam mengambil oksigen ke atas permukaan.

Ramod