Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

Kalau dibiarkan terus, gak menutup kemungkinan bisa gagal bayar nanti yang ujung-ujungnya terlilit utang. Untuk mempersiapkannya, kamu dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan untuk setoran dana pensiun. Sebagai gambaran, gaji yang kamu terima setiap bulannya sebesar Rp10 juta.

Di masa pandemi, biaya yang bisa ditunda misalnya biaya berekreasi atau makan di luar. Sekarang tinggal bagaimana kita pintar-pintar mengelola keuangan masing-masing agar selamat melalui tahun 2020 yang penuh dengan rintangan. Berikut, tipsnya yang diambil dari pengalaman kita melalui dua krisis tersebut. Berikut, tipsnya yang diambil dari pengalaman kita melalui krisis ekonomi sebelumnya.

Investasi akan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit, jadi cermatlah dalam menentukan investasi pilihan Kamu. Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang sesuai di bidang tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Jika mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan pasti Anda akan tergiur untuk memakainya.

Coba cek aplikasi-aplikasi yang biasa kamu pakai untuk belanja on-line, kalau ternyata ada promo menarik, maka itu bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Dalam situasi krisis akibat pandemi corona ini kamu harus pintar mengatur anggaran keuangan jika tidak ingin kondisi keuangan jadi bermasalah. Kondisi yang penuh serba ketidakpastian memaksa kita untuk meninjau kembali alokasi anggaran dengan memangkas anggaran yang tidak perlu atau menambahkan anggaran di pos tertentu. Pastikan kamu sudah tahu dalam sebulan harus keluar uang berapa dan untuk apa saja, karena pertanyaan berikutnya adalah mana pengeluaran yang bisa kamu kurangi atau hindari? Kalau pengeluarannya memang wajib, tidak harus diberhentikan total judi slot kok, dikurangi saja sudah cukup. Memang tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir, dengan demikian di tengah situasi sulit yang tidak pasti seperti sekarang.

Tips mengatur keuangan

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk melunasi premi asuransi kesehatan BPJS tepat waktu. Sedikit berbeda dengan asuransi kesehatan swasta yang bebas dipilih sesuai kebutuhan, perlindungan asuransi sosial dari pemerintah dengan BPJS Kesehatan bersifat wajib. Banyak cara untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya, salah satunya dengan membeli produk asuransi kesehatan. Dana pensiun kerap disepelekan mereka yang masih aktif di usia produktif. Rata-rata mereka berpikir bahwa uang yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Misalnya, menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga.

Jumlah tersebut tentunya harus berlipat dengan kehadiran buah hati. 30% dari penghasilan dialokasikan untuk biaya hidup sehari-hari, seperti makan, tagihan listrik, air, dan belanja bulanan. Ilustrasi tabungan keuangan (Unsplash/@tierramallorca)Dari complete penghasilan bulanan kamu, penting untuk membuat pos-pos pengeluaran dengan persentase yang berbeda-beda. Dengan menabung dari penghasilan bulanan tersebut, secara tidak langsung kamu telah menetapkan prioritas kebutuhan antara kebutuhan wajib dan pengeluaran lain yang bisa ditunda. Ada beberapa tips bijak mengatur keuangan pribadi, dimulai dari cara mengatur gaji bulanan agar bisa ditabung setiap kali gajian dan tidak membuatmu melarat di akhir bulan.