Agar Beli Rumah Cepat Terwujud, Ikuti 7 Tips Menabung Ini

Membangunkan anak untuk makan sahur tidak selalu berjalan mulus. Seringkali si kecil malas bangun dan memilih menutup matanya lagi karena masih mengantuk. Kalau tidak, nanti rezekinya dipatok ayam.” Pernah dengar dong kalimat itu?

Contohnya, menggunakan lagu favorit anak untuk membangunkannya saat tidur. Ganti nada alarm di ponsel anda dengan lagu anak yang ceria, sehingga anak akan lebih mudah bangun sambil mendengarkan lagu kesukaannya. Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan usai bangun tidur. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya kita berolahraga minimal 40 menit sehari selama empat kali seminggu.

Padahal tidur adalah kebutuhan yang sangat penting untuk anak. Tahukah Ibu bahwa pertumbuhan pada anak dapat terjadi pada saat mereka tidur? Selain itu pada saat anak tidur, mereka akan mengembalikan lagi energinya. Selain itu, Anda bisa menjanjikan anak akan mengajaknya membeli takjil kesukaannya kalau berhasil puasa seharian penuh.

Cara lain agar terhindar anak sulit bangun sahur adalah dengan mengajaknya tidur lebih awal di malam hari. Dengan demikian, durasi tidur anak tidak terganggu karena sahur. Jangan lupa, lakukan hal ini secara rutin agar si kecil terbiasa. Salah satu faktor yang membuat kamu susah bangun pagi adalah tidur malam yang terlambat.

Oleh karena itu, biarkan anak tidur sembari Anda menyiapkan makanan. Tentunya,bukan hal yang mudah ya, Bun, melewati masa transisi ketika anak belum sekolah dengan anak yang sudah mulai masuk usia sekolah. Biasanya, mereka akan semaunya untuk jam tidur hingga menjadi kebiasaan. Yang lebih repot ketika kebiasaan tersebut mengekor hingga anak menginjak usia sekolah. Membangunkan anak di pagi hari terkadang memang tidak mudah.

Jika anak berteriak atau menjerit ketika sudah waktunya mereka bangun, jangan terpancing. Hal ini bertujuan untuk mengubah sikap buruk yang mereka tunjukan menjadi suasana yang tenang. Untuk mempermudah, Mama juga bisa menyiapkan keperluan untuk sarapan dan bekal makan di malam sebelumnya. Jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, Mama masih memiliki waktu untuk menanganinya.

Cara agar anak tidak susah bangun

Jadi, anak merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan puasanya. Lakukan hal ini selama beberapa hari hingga anak merasa siap. Setelah itu, Anda dapat menambah durasi puasa hingga anak bisa menahan haus dan lapar selama 1 hari. Latihan puasa setengah hari merupakan langkah yang baik dalam mengajarkan anak berpuasa.

Bunyi jam weker yang begitu nyaring akan mengganggu anak Anda dan ia akan segera terbangun. Jangan lupa untuk melakukan hal ini setiap hari agar anak Anda cepat bangun pagi. Ini mungkin kebiasaan yang jarang dilakukan oleh orang tua sekarang.

Membangunkan anak untuk santap sahur kadang terasa menguras tenaga dan waktu karena di jam-jam sahur, biasanya anak masih tertidur lelap. Bila ia terbangun pun, makan dalam keadaan mengantuk bukanlah kegiatan yang menyenangkan baginya. Namun, jika anak berpuasa, ia wajib bangun untuk makan sahur. Untuk menanamkan disiplin sejak dini, ada kalanya para orang tua untuk memberikan konsekuensi jika anak mereka terlambat bangun di pagi hari. Konsekuensi ini penting diberikan agar anak belajar untuk bertanggung-jawab dengan perbuatannya.

Menurut Stefani, orang tua harus membuat anak nyaman saat berpuasa, bukan malah membuat takut. Karena masih dalam tahap belajar, anak tidak boleh dibentak. Menurut Psikolog Stefani, orang tua harus membuat anak nyaman saat berpuasa, bukan malah membuat takut.

Ramod