9 Cara Mengajari Anak Agar Mau Sekolah

Didiklah anak Anda dengan baik, maka anak Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga. Media pembelajaran yang terbatas dan tidak pernah diperbaharui serta metode ceramah yang selama ini menjadi andalan guru sebagai metode pembelajaran ditengarai menjadi musabab dari permasalahan ini. Menurut penuturan Petrus P. B. Wali, Fasilitator Daerah yang mendampingi sekolah ini, media pembelajaran yang selama ini digunakan hanya buku paket atau buku Kurikulum thirteen . dalam menyampaikan pelajaran kepada murid-murid kita, sebaiknya kita tidak menghabiskan waktu dengan membahas point yang kurang penting untuk disampaikan. siapkan poin-poin dari materi pelajaran utama dalam bentuk yang lebih animasi. jika memang bisa disampaikan dengan poin, kita bisa gunakan slide presentasi lewat power poin.

Pelatih memaparkan dengan sangat detail dan jelas fitur-fitur yang ada serta kegunaannya. Saya juga tertantang dan tergugah untuk membuat games berbasis karakter. Saya belajar mengeksplorasi imajinasi dan kreativitas dalam proses pembuatan video games. Saya merekomendasikan pelatihan ini bagus dan perlu diikuti oleh para guru. Seperti dalam staff startup technopreneur, setiap siswa tidak bekerja sendiri, tapi bekerjasama dalam team 2-3 siswa sebagai Game Designer, Game Programmer dan Project Manager.

Juga bisa membuat serta mengembangkan konten-konten positif untuk melawan informasi hoax di media sosial. “Ini adalah bagian dalam mewujudkan semangat gotong royong sebagai bagian nilai Pancasila,” katanya. Pemaknaan dari informasi yang mudah didapat hanya melalui gadget harus dilakukan lebih mendalam.

Sering kali kita mendengar guru yang bertanya tentang bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran! Dan tak jarang dari para guru telah mencoba beberapa cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran namun belum sepenuhnya berhasil. Gunakan papan tulis untuk membentuk bentuk dengan titik-titik yang sudah diberi nomor. Selanjutnya, bantu anak menghubungkan titik-titik untuk menggambar bentuk itu. Misalnya, Anda dapat menggunakan 8 titik untuk membuat bentuk segi delapan dan membantu anak Anda menggambar segi delapan.

Membuat anak mudah mengerti

Bunda juga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil dengan bertanya pendapat Si Kecil tentang karakter atau jalan cerita dalam buku yang telah dibacakan. Tuliskan angka dalam buku gambar dan mintalah anak menggambar sesuatu yang menunjukkan jumlah itu. Untuk usia 4 tahun, Anda bisa meminta anak menggambar empat es krim. Lakukan sebaliknya dengan menggambar beberapa jumlah objek dan meminta anak Anda untuk menghitungnya dan memberi tahu Anda nomornya. Beberapa anak menyukai ketertarikan untuk melakukan permainan dengan teman-temannya. Misalnya, dengan duduk melingkar bersama teman-temannya untuk bergantian berhitung.

Rasa cemas yang berlebih bisa mengganggu anak dalam mengerjakan tugas, kerja kelompok, ataupun presentasi. Orang tua perlu jeli dalam melihat kondisi anak karena bullying tidak hanya bersifat fisik dan verbal, tetapi juga bisa melalui media sosial maupun dikucilkan oleh teman-temannya. Sebaliknya, pastikan anak mendapat perhatian penuh dari orangtuanya. Selalu jadwalkan high quality time agar anak merasa disayangi dan diterima. Dengan demikian, koneksi akan membuat mereka lebih mudah menerima koreksi dan masukan.

Terlebih jika Ibu menambahkan teknik sentuhan saat berbicara dengan anak, anak akan merasa dihargai. Ketika anak menolak perkataan atau perintah orang tua, terkadang orang tua menjadi gemas, marah, bahkan berteriak. Padahal, berteriak bukan cara yang tepat supaya anak nurut dengan orang tua lho, Bu.

Lingkungan sekitar anak adalah salah satu faktor yang sering tidak diperhatikan oleh orang tua. Sebuah riset menemukan lingkungan rumah yang positif berhubungan dengan prestasi akademik yang baik. Gaya belajar yang tidak tepat membuat anak kesulitan untuk mengerti bahan pelajaran dan membuat anak malas belajar.

Ramod