18 Peluang Bisnis Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Di Indonesia sendiri sekarang sudah mulai banyak universitas yang berinvestasi dalam program entrepreneur baik melalui kurus, program inkubator kampus atau juga beasiswa inovasi. Selain itu, ada banyak dukungan lain yang bisa mendorong mahasiswa untuk mulai merintis usaha baru, seperti program mentoring antara mahasiswa dan pengusaha sukses dan program pendanaan usaha rintisan dari pemerintah. Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan lebih keras lagi. Tidak ada mencapai sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari.

Entrepeneur Plus Festival 2018 yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unusa ini digelar selama dua hari hingga Sabtu besok (thirteen/1/2018). Tidak banyak yang minat, tapi kami yakin akan jadi produk yang paling dicari,” kata Pepi Indah Cahyani, mahasiswi Keperawatan Unusa, Jumat (12/1/2018). Ketua Hipmi PT UIT Idris pada kesempatan itu mengatakan siap melakukan terobosan baru dalam pengembangan usaha-usaha yang memajukan bangsa dan mengurangi pengangguran. Menurut dia gaji PNS cukup besar mencapai Rp4 jutaan per bulan tergantung golongan, sementara bila menjadi pengusaha pendapatan penghasilan bisa mencapai jutaan per bulan bahkan per hari.

“Kita manfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan usaha ini dengan memberayakan para pengiat persyarikatan dan yang konsen keumatan dari 5 kecamatan di Klaten, masing-masing diwakili 10 calon peternak,” ungkap Husni pada Sabtu (20/7). Di akhir acara, diluncurkan Warung Fastabiq sebagai inkubasi dan marketpalce bagi pengusaha, enterpreuner dan calon pengusaha di Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Warung Fastabiq ini bekerjasama dengan Lazismu untuk memberikan bantuan permodalan bagi enterpreuner di Pemuda Muhammadiyah DIY. Suryo Pratolo menambahkan, untuk meningkatkan kekuatan ekonomi dibutuhkan help dari banyak pihak. Atau dalam istilah populernya adalah cintailah produk sendiri, cintailah produk dalam negeri. YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi resmi menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosiologi.

Menurut Yugi, para mahasiswa bisa belajar lebih jauh dengan melakukan magang intensif di industri-industri perikanan atau bahkan dimulai dari tempat-tempat pengolahan ikan sehingga bisa lebih memahami kondisi riel bisnisnya seperti apa. Untuk mencapai kompetensi tersebut, khususnya kewirausahaan, mahasiswa tidak hanya diajarkan teori tetapi juga praktik lapang. PT Permodalan Nasional Madani menyatakan pelaku usaha mikro kecil harus cerdik dalam melihat peluang dan mampu berinovasi mengikuti perubahan zaman. Semua itu diperlukan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat di semua lini usaha. Menteri BUMN Dahlan Iskan, yang juga merupakan bos Jawa Pos Grup, menyarankan untuk para pengusaha pemula harus fokus menjalankan suatu usahanya dan tidak boleh bercabang dan ingin cepat kaya. “Kalau tidak fokus itu namanya musyrik wiraswasta masuk neraka juga yaitu gagal, bangkrut, macet,” ucap Dahlan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Meskipun penting dilakukan, akan tetapi banyak pengusaha yang kerap mengabaikan studi kelayakan ini. Akibatnya, sebagian usaha yang dilakukan terkadang menemui jalan buntu atau bahkan gulung tikar. Ketika berniat mendirikan sebuah bisnis, ide Tembak ikan cemerlang belum cukup untuk membuat bisnis sukses. Teknik Perminyakan UP memiliki karakterisik yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi, baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan.