10 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bagi Pemula

“Prioritas ini paling penting, kita harus bisa membuat skala prioritas, mana pengeluaran yang penting dan kurang penting,” tambahnya. Solopos.com, JAKARTA–Agar tabungan tak bobol, sebaiknya ketahui ideas atur keuangan di Bulan Puasa. Sebab biasanya kita cenderung membelanjakan duit lebih banyak untuk menyiapkan menu buka. Banyak orang yang tergiur untuk memenuhi keinginannya, sedangkan mereka lupa bahwa kebutuhan utamanya belum terpenuhi dengan baik.

Karena itu, kamu perlu mengembangkannya sejak duduk di bangku perkuliahan. Salah satu kunci utama dari mengatur uang, adalah mampu membatasi Tembak ikan diri sendiri. Di awal bulan setelah menerima gaji, ada baiknya Anda membagi jatah untuk menabung, investasi, dan berbelanja.

“Kalau tidak yakin bagaimana penghasilan, mau tidak mau harus ada penyesuaian gaya hidup,” ujarnya. “Selama tiga bulan, yang sifatnya keinginan tunda dulu karena kita tidak punya kemewahan untuk membeli keinginan. Fokusnya kewajiban dan kebutuhan,” ia menegaskan. Pekerja lepas bisa mengevaluasi aset yang mereka punya dalam bentuk uang hingga perhiasan emas. Kemudian, buat hitung pengeluaran apa saja selama tiga bulan ke depan. Misalnya saja, pilihlah untuk makan di rumah atau memasak sendiri ketimbang harus makan di luar.

Tapi ingat ya kalau cara-cara ini memerlukan waktu untuk dicairkan, terutama deposito, saham, dan reksa dana. Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir tremendous dari GoBiz. Keunggulan dari penggunaan aplikasi ini untuk manajemen keuangan usaha Anda di antaranya adalah memonitor perkembangan omzet dengan mudah. Terakhir, dalam mengatur manajemen keuangan usaha kecil dan menengah pastikan Anda untuk selalu mengawasi arus kas keuangan. Anda pun harus benar-benar jeli melihat kemana arus keuangan usaha selama ini digunakan. Misalnya saja untuk perencanaan keuangan secara harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan.

Sehingga, Mampaps bisa lebih mudah untuk mengarahkan dan memilih sekolah yang sesuai dengan minat bakat anak. Pesan Rista, tidak perlu memaksakan keadaan jika kemampuan finansial Mampaps belum mencukupi. Namun, jangan asal pilih dalam menentukan sekolah, melihat kualitas sekolah tetap menjadi prioritas bagi anak Mampaps. Meski keinginan memberikan yang terbaik untuk anak Mampaps sangat tinggi, tetap harus melihat keadaan dan kemampuan Mampaps dalam hal finansial. Hal ini berguna untuk melihat berbagai perbandingan dari segi kualitas dan segi kuantitas sekolah untuk anak.

Memiliki catatan pengeluaran bisa membantu Anda mengontrol diri karena bisa mengetahui boros atau tidaknya Anda di bulan lalu. Hal ini memang terdengar merepotkan, dan belum tentu semua orang punya waktu untuk mencatat pengeluarannya selama sebulan penuh. Tapi saat ini sudah banyak tersedia aplikasismartphone yang berguna untuk mencatat pengeluaran. Beberapa aplikasi bahkan bisa mengkonversi foto struk belanjaan menjadi catatan digital. Tidak peduli seberapa besar pendapatan yang diterima, jika uang tidak dikelola dengan baik maka krisis keuangan pribadi dapat saja terjadi. Pertanyaannya, bagaimana dengan kebutuhan konsumtif seperti membeli baju, celana, atau sepatu?

Cobalah untuk selalu menyisihkan sebagian dari uang bulanan atau penghasilan sampingan yang kamu dapatkan. Penganggaran mungkin terdengar cukup sederhana, tapi ia memiliki peran penting yang dapat membantumu dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Melalui anggaran, kamu akan dapat menentukan apa yang benar-benar kamu butuhkan dan apa yang sekadar menjadi keinginan.

Hasil keuntungan dari bisnis seharusnya ditabung sebagian karena tabungan tersebut akan bermanfaat bagi Anda sendiri nantinya jika memerlukannya secara mendesak suatu hari nanti. Jika Anda merasa mempunyai uang yang cukup dan ingin mendapatkan keuntungan lebih maka investasi mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat Anda pilih. Jika Anda membuka usaha menjual mainan, maka keuntungan yang didapatkan dapat dipakai untuk membeli mainan yang lain untuk dijual.

Idealnya, dana darurat bisa mencukupi kebutuhanmu selama three sampai 6 bulan ke depan. Di era yang serba canggih seperti ini, kamu harus bisa memanfaatkannya untuk memudahkan hidupmu. Kini sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa diunduh secara gratis. Hanya dalam satu langkah singkat, kamu sudah bisa mengelola anggaran, membuat tujuan menabung, hingga mencatat utang-utang yang kamu miliki. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan.

Tips mengatur keuangan

Jadi, dengan mudah kita berasumsi bahwa bonus harus dihabiskan untuk hal-hal yang dapat menyenangkan hati kita. Misalnya, saya memiliki three rekening financial institution dari financial institution yang berbeda-beda. Apakah itu untuk membayar listrik, air atau belanja mingguan di pasar? Dengan begitu, tidak ada satu rupiah pun yang dikeluarkan tanpa pembuktian yang jelas. Untuk melakukan ini, cari tahu informasi tentang biaya pendidikan terbaru.